Senin, 19 Juli 2010

PostHeaderIcon Ayam Kentucky..yummy..

Bahan-bahan ayam :
1 ayam goreng, potong boleh 8 - 12 dan diasinkan (direndam dalam air garam/ boleh dilumuri pakai jeruk nipis..tapi pilih salah satu)
6-8 cangkir mentega untuk memasak/minyak goreng yg banyaaaak!! (mentega disini optional, aku sie pakai minyak goreng cuma ga boleh minyak nanngung,mst banyak.. hehehe)... See More... See More
1 butir telur (dikocok)
1 cangkir susu (susu disini pakai yg tawar putih ya.. )

Bahan Tepung Untuk Pelapis Ayam:
200 gr tepung terigu
1 sdt soda kue
1/8 sdt ketumbar bubuk
1/8 sdt pala bubuk
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
20 gr tepung maizena
20 gr tepung beras
1 sdt cabai bubuk jika perlu
(klo yg ga pede ga pakai msg,boleh juga ditambahin msg tapi jgn byk2 karena dah ada bumbu yg lain..dan jgn lupa msg rasa ayam)

Cara membuat :

* I Potong ayam dibagi jadi 8 - 12 bagian, buang lemak dari potongan-potongan ayam,ya.. lalu rendam sebentar dengan garam.
*rendam sekitar 15 menit, klo udah ditaro diatas handuk kertas untuk saring kelebihan air,tapi klo aku sie taro diatas koran aja..kaya goreng kerupuk gitu,hehehe..
*Disisi lain, Campurkin telur yang udah dikocok sama susu dalam mangkuk .Diusahan dicampur rata ya..
siapin juga sisa bahan (tepung maizena, tepung biasa,garam, merica,pala bubuk,ketumbar,soda kue,) dimangkok lain sebagai bahan pelapis kulitnya.
klo bisa langsung dikerjain satu watu dan sabar ya.. pertama celupkan dalam telur dan susu lalu selimutin l ayam dengan campuran tepung kering yang dah dicampur bumbu, trus masukin lagi ke campuran telur dan susu lagi, trus kemudian kembali ke dalam tepung.Sambil dicampur.. sambil ditepuk2 ayamnya biar nempel..Tolong dipastikan ayamnya bener2 terselimut semua,trus cubit2 kecil bagian kulit yang dah nempel di ayam biar ada teksturnya. Dan klo bisa Simpan ayam dalam lemari es selama ± 1 jam agar tepung menempel dengan sempurna.. sebelum digoreng.
Nah,klo proses ini dah dilewatin baru deh proses menggoreng..
* Panasin minyak/mentega dalam-dalam penggorengan dengan panas yg tinggi - usahain minyaknya yg banyak..jgn nanggung,karena semakin terenndam semakin bagus ayamnya. Ingat mesti panas,ya..
* Masukkan ayam berbalut tepung lalu goreng sebentar. jgn mpe gosong..angkat gantian ma yang lain..
* setelah itu goreng lagi dari awal dengan api kecil ..biar lebih matang dan garing..maksud menggoreng 2x ini supaya renyah dan garing. Klo masalh daging ayamnya sendiri dia jenis yg gamapang matang ga kaya daging sapi atau kambing.
Met coba ya..
btw,ini resep ini hasilan mix.. aku dapat dari net yg katanya sie ini original kfc,ga tau bener atau ganya,tapi aku coba lumayan oke.

0 komentar:

Posting Komentar

back to top